Sunday, November 26, 2006

Wabah “secara”

Sebuah wabah melanda dan menjangkiti orang-orang disekitarku. Wabah yang aneh dan membuatku bertanya-tanya dari mana datangnya virus itu. Dia menjangkiti banyak orang dan kelihatannya semakin banyak menulari orang lain lagi.


Virus itu bernama secara. Di Banyak milis aku melihat orang menuliskannya dalam kalimat-kalimat mereka. Gue bisa datangnya jam 8-an, secara masih ada kerjaan yang harus gue selesaikan. Kata sebuah email menanggapi sebuah janji pertemuan. Keberangkatanku masih belum pasti, secara mobilku masih diperbaiki dibengkel dan belum tahu selesainya jam berapa. Begitulah kalimat-kalimat yang terinfeksi virus secara.
Virus ini tidak hanya menulari tulisan-tulisan, tapi juga menginfeksi kalimat-kalimat yang diucapkan. Sepertinya virus secara digunakan untuk menggantikan kata karena. Mengapa diganti dengan virus tersebut? Siapa yang menularkannya? Sampai sekarang aku belum tahu jawabannya, dan aku masih ingin tahu!


Kata secara berarti dengan cara/dengan, contoh kalimat misalnya: Pembersihan pakaian dihotel tersebut masih delakukan secara manual. Jadwal kerja mereka diatur secara sistematis.


Lalu mengapa kata karena bisa digantikan dengan secara? Sejak kapan kata ini mewabah? Pertanyaan ini selalu muncul dibenakku setiap membaca tulisan-tulisan, atau mendengar ada yang mengucapkan kalimat-kalimat seperti itu. Sepertinya wabah ini sudah dianggap trendy & keren sehingga mereka beramai-ramai mengikuti


Saya akan memulai olah raga lagi, SECARA berat badan saya sudah mulai bertambah sekarang, halllahh!!!! 

No comments: