Monday, January 11, 2016

Mengurus Perpanjangan SIM C di Mega Mall

Tanggal 5 Januari kemarin saya mengurus perpanjangan SIM C di Sim Corner yang ada di Mega Mall Batam, memilih lokasi ini karena dekat dengan kantor. Saya datang sekitar jam 3 sore dan melihat antrian sepi, hanya ada 1 orang wanita yang sedang mengisi formulir,  nampaknya pilihan waktu yang tepat.



Saya bertanya ke seorang pertugas yang (nampaknya) sedang duduk (tidak aktif). Dia mengarahkan   pada petugas wanita yang cantik. Petugas cantik yang mungil tersebut memberikan formulir dan mengarahkan saya untuk mengisi seperti contoh yang ditempel diatas meja. Saya mengisi formulir, mengembalikan, berfoto, membuat sampel tandatangan lalu menunggu. Semuanya selesai dalam waktu kira-kira 15 menit.

Saya dimintai uang pembayaran perpanjangan SIM sebanyak Rp 125,000,- Saya mengeluarkan uang dengan cepat tanpa curiga. SIM dicetak, saya disuruh menandatangani tanda terima, lalu melenggang keluar dengan hati senang. Alangkah cepatnya, hanya kira-kira 15 menit! Wow! Amazing!

Karena sudah terbiasa dioper sana-sini, dilempar sana-sini, menunggu berjam-jam, ditolak, dicuekin, ketika berurusan dengan lembaga pemerintah, kecepatan kali ini membuat saya sangat terpesona sampai terbang ke awan *halah*.

Namun perasaan melambung itu tidak lama, sambil berjalan pergi dari tempat itu saya berfikir, wah, saya tidak menerima kuitansi! Kenapa saya tidak menerima kuitansi? hmmm... Lalu saya langsung sadar sepertinya saya sudah kena "harga tidak resmi". Jari saya dengan cepat mengambil handphone, langsung googling dan menemukan beberapa info yang menyebutkan bahwa biaya pembuatan SIM C adalah Rp 75,000,-. Jadi, saya sudah membayar lebih Rp 50,000,- dari harga yang semestinya, asemm...asem...Saya menemukan banyak berita online soal tarif tak resmi ini

Seandainya sebelum datang kesana saya tahu harga resminya, apa yang akan terjadi? Pasti akan terjadi keributan kecil seperti ini yang pada akhirnya saya toh akan membayar harga tak resmi juga.. Ah sudahlah, saya tidak bisa berbuat apa-apa lagi karena sudah terlanjur membayar. Namun 1 pertanyaan muncul, apakah mereka mempunyai kuitansi untuk dilaporkan ke atasan?

Tips:

1. Bawa fotocopy KTP, karena mereka akan meminta 1 lembar
2. Siapkan urat leher untuk berdebat soal harga tak resmi kalau anda tidak iklas, kalau iklas langsung bayar saja sambil doakan mereka tetap sehat sampai anak cucunya nanti

6 comments:

arreza mp said...

wah ... kalau perpanjang, juga cepet tidak mbak?

sim sim saya sudah mau mati nieh ... hiks

Rina said...

ini kan judulnya perpanjangan SIM mbak :)

HM Zwan said...

lumayan cepet mbak,aku pernah nemenin suami perpanjang sim juga di mega mal...

Rina said...

HM Zwan: kmaren kena tarif "tidak resmi" juga nggak mbak?

Eka Handa said...

cuma sediain fotocopy KTP aja kak? di BCS bisa ga ya?

www.jalanrina.com said...

Dulu bos ku perpanjang disana, kalo update terbaru nggak tahu, karena dia baru perpanjang disuruh (agen kami) ke yg dekat simpang jam itu