Sunday, October 8, 2017

Berburu Buku Bekas di Pantai Kuta

foto: www.telegraph.co.uk
Pantai Kuta, Bali  sangat terkenal dengan sunset dan pasir putihnya. Namun banyak orang tidak tahu kalau pantai Kuta cocok untuk turis kutu buku. Jika kamu pencinta buku, bagaimana perasaanmu, jika di sela liburanmu kamu menemukan toko buku bekas dengan koleksi menarik? Seperti menemukan harta karun tentunya. Zaman sekarang orang  banyak yang mempunyai kindle atau membaca ebook di gadget, tapi pecinta buku sejati pasti setuju, tak ada yang bisa menggantikan sensasi membaca buku sungguhan!

Di kawasan pantai Kuta kamu bisa temui beberapa toko buku bekas, diantaranya di Poppies Lane yang terkenal itu. Bukunya umumnya berbahasa Inggris dan dalam kondisi masih bagus. Kamu bisa membeli fiksi dengan berbagai genre. Juga buku-buku non fiksi seperti panduan wisata dan majalah-majalah berbahasa asing. 

Selain di toko, ada juga yang berjualan buku di atas motor di pinggir jalan. Kalau kamu melihat ada buku ditumpuk di atas jok motor, dekati saja. Penjualnya akan dengan senang hati melayanimu.
Mengapa yang dijual kebanyakan buku berbahasa asing? Apa karena target pasarnya turis asing? Ada benarnya, tetapi juga terkait dengan asal-usul buku itu sendiri.

Sebenarnya seringkali buku-buku itu didapatkan pemilik toko dari para pegawai hotel. Para pegawai hotel itu sering menemukan buku yang ditinggalkan oleh turis yang sudah pulang. Lalu buku itu mereka berikan/jual ke pedagang buku. Meski harganya di bawah buku baru,  kamu tetap bisa nawar sampai mendapat harga yang cocok. Nah, jika kamu punya buku bekas, kamu juga bisa memakainya sebagai alat beli alias barter buku. Kamu juga bisa menjual buku bekasmu, tapi biasanya dihargai agak murah. Maklum, tentu toko bukunya mencari laba.  Seperti pelaku bisnis lain pada umumnya di Bali, penjual biasanya bisa berbahasa Inggris dengan baik. 

Beberapa toko buku yang ada yaitu Fuji Jaya Bookshop, Kerta Bookshop, RZ Bookshop. Ada yang usianya sudah puluhan tahun. Kerta Bookshop misalnya sudah ada sejak tahun 70an.

Tertarik berburu buku di Kuta? Jika kamu dari Bandara Ngurah Rai, ada beberapa jenis transportasi yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa naik taksi bandara, taksi online, atau sewa mobil di OMOcars jika rombonganmu banyak dan ingin lebih nyaman.

No comments: