5 Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk Para Mahasiswa

Tahukah kamu bahwa keuangan menjadi salah satu aspek terbesar yang paling berpengaruh dalam kesuksesan hidup? Bagus atau tidaknya prospek masa depan seseorang akan ditentukan oleh pengelolaan keuangan yang baik.
Apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang berusaha untuk menstabilkan keuangan pribadi dan mengoptimalkan proses belajar di perguruan tinggi. Pastinya kamu butuh banget tips jitu mengelola keuanganmu mulai dari bayar uang semester, biaya membeli berbagai buku modul dan text book, biaya penelitian, biaya makan, sampai dengan biaya kost atau kontrakan dan biaya hidup lainnya.

Untuk dapat mengelola keuangan, tentunya kamu butuh strategi dan perencanaan yang matang, bukan? Di sini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara mengatur keuangan versi mahasiswa. Yuk, simak bersama!

1. Kamu perlu membuat anggaran keuangan



 foto:@calum_mac

Penting bagi kamu untuk membuat anggaran keuangan supaya dapat mengendalikan  keuanganmu dan tidak akan mengalir deras seperti air. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengatur dan membagi keuanganmu ke dalam beberapa pos pengeluaran seperti, kapan waktunya beli dan jual paket internet Telkomsel di Traveloka, kapan waktunya menabung, membeli modul, bayar SPP, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu membedakan, mana kebutuhan (needs) dan mana yang hanya merupakan keinginan (wants) yang bisa kamu pending. Kebutuhan adalah sesuatu yang mendesak dan harus dibeli saat itu juga. Sedangkan keinginan adalah sisi emosional yang sebenarnya bisa ditunda karena kamu tidak begitu membutuhkannya.

2. Catat setiap pengeluaranmu



 foto:pixabay.com

Dengan mencatat setiap biaya pengeluaran mulai dari biaya kost, biaya transportasi, fotocopy, beli buku, dan lain-lain, kamu akan bisa mengkalkulasi, berapa biaya yang kamu perlukan dalam waktu sebulan. Hal ini penting buat kamu, karena jika kiriman dari orang tua kamu datang telat, kamu bisa mengantisipasi, apa yang harus kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak di bulan berjalan. Jangan-jangan alokasi keuangan kamu membengkak gara-gara needs yang tidak perlu. Waspadai ya!

3. Jangan lupa menabung, ya




foto:moneysmart.id

Bisakah seorang mahasiswa menyisihkan uang bulanan dari pemberian orang tuanya untuk menabung? Apakah dengan menabung, tidak akan mengurangi kebutuhan keuangan mahasiswa? Beberapa pertanyaan tersebut tentunya ada dalam benak kamu bukan? Jangan kuatir karena kamu masih tetap bisa menabung meskipun kamu dapat uang bulanan kamu dari orang tua. Kamu hanya perlu tahu strateginya.

Usahakan kamu menabung 10% dari uang jatah bulanan dari orang tua kamu di awal bulan untuk menghindari uang habis di akhir bulan. Cara lain yang bisa kamu lakukan dan setara dengan menabung adalah dengan jual paket internet Telkomsel di Traveloka. Selain caranya mudah, kamu juga bisa mengirit keuangan karena Traveloka adalah situs terpercaya yang sudah dimiliki hampir seluruh pengguna ponsel android. So, kenapa kamu tidak ikut mencobanya?

4. Belajarlah berinvestasi



foto:vibizmedia.com

Tahukah kamu, bahwa orang terkaya di dunia, Warren Buffett, memulai bisnisnya dari investasi? Kalau kamu ingin mengikuti jejak suksesnya, maka berinvestasilah sejak usia muda. Ada banyak pilihan investasi online dengan modal kecil mulai dari Rp 10.000 yang terpercaya dan diawasi oleh OJK.

5. Yuk cari tambahan uang saku dengan kuliah sambil kerja

foto:@brookecagle

Tips terakhir buat mahasiswa yang ingin mengatur keuangannya adalah dengan mencari tambahan uang saku. Kuliah sambil kerja, why not? Yang penting kamu tahu dan paham bagaimana cara mengatur waktu, kapan saat harus fokus dengan perkuliahanmu, kapan waktunya bekerja. Kamu bisa memulai dengan bisnis jual paket internet Telkomsel di Traveloka. Ini cara paling mudah karena situs Traveloka sangat aman dan banyak dimiliki di ponsel android mahasiswa.

Jadi, siapa bilang seorang mahasiswa hanya bisa mengandalkan uang bulanan kiriman orang tuanya saja? Kamu bisa menjadi mahasiswa berprestasi bukan hanya di bidang akademis saja, tetapi berprestasi dalam mengelola keuangan demi masa depan cerahmu! Jadi, kapan kamu mau memulainya?





Share:

0 comments

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan untuk tulisan ini yaa. Terimakasih