August 17, 2023

Single Bahagia, Menikah Tidak Sempurna

It's amazing how people think that your life is finally perfect after  you are married

Menikah dan hidup di Denmark 1 tahun lebih bukan perjalanan mudah buat saya. Tapi sepertinya orang-orang menganggap sekarang hidup saya sempurna. Saat mereka bilang '' udah enaklah sekarang kamu Rin'' rasanya agak-agak gimanaaa gitu. emangnya sebelum nikah hidup saya tidak enak? Inilah pandangan umum terhadap orang single vs menikah. Buat mereka hidup sendiri adalah kekurangan, dan menikah adalah kebahagiaan/kesempurnaan. Masyarakat sering menganggap perempuan single sebagai wanita yang 'kurang' dibandingkan wanita yang sudah menikah. Padahal banyak penelitian, study dan survey membuktikan wanita single hidupnya lebih bahagia dibanding wanita menikah. Wanita single juga berumur lebih panjang dibanding dengan wanita menikah, hal ini berbeda dengan pria yang hidupnya lebih panjang jika menikah. Silahkan baca disini dan disini.

Menikah juga tidak lepas dari masalah, bahkan tidak sedikit, pernikahan membawa masalah rumit ke kehidupan sederhana wanita single. Hasil study tersebut membuktikan hal ini.

Demikian juga dengan saya, tantangan hidup yang sekarang saya hadapi, tidak pernah saya hadapi saat masih sendiri. Walaupun saya sangat bersyukur dengan pasangan dan hidup saya saat ini, saya pengen curhat soal tantangan hidup baru sebagai wanita menikah