January 31, 2018

Catatan Perjalanan Bersepeda Dari Dumai Ke Samosir (Bagian III)

Pertama kalinya masuk kerumah tadisional Batak
Catatan perjalanan sebelumnya bisa dilihat disini dan disini

2 Januari 2018

Sejak 30 Desember sore saya ada dirumah bibi saya, berkumpul dengan semua sepupu dan merayakan tahun baru bersama.

Tanggal 2 jam 10 saya sudah mengayuh sepeda lagi. Tujuan saya adalah Samosir lewat Balige. Saya mendapat info kalau menyebrang ke Samosir bisa dari Balige, 30 km dari tempat saya ketika itu. Tadinya saya kira hanya lewat parapat saja. Jika lewat Parapat, saya harus mengayuh sepeda sejauh 70 km. Setelah bermanja-manja selama 3 hari, rasanya malas untuk mengayuh sejauh itu

January 22, 2018

BAJAFASH 2018 Menghadirkan Keragaman Asia Tenggara

Teman-teman penyuka musik jazz di Batam, pasti senang mendengar berita ini. BAJAFASH akan digelar lagi tahun ini. Catat tanggalnya, 16-17 Maret 2018 di Batam View Resort

Buat yang belum tahu, Bajafash adalah sebuah festival musik jazz yang dikolaborasikan dengan pagelaran busana. Tahun ini akan diselenggarakan untuk keempat kalinya di Batam tercinta

January 17, 2018

Catatan Perjalanan Bersepeda Dari Dumai Ke Samosir (Bagian II)

Melintas di Gunung Tua. Foto: Yasir Harahap
Catatan Perjalanan ini adalah lanjutan catatan bagian pertama, yang bisa dilihat disini

Day 5, 26 Desember

Teman-teman SCC mengatakan group GOPAL (Gowes Palatu) sudah menunggu saya di Pos Pantau Mudik Desa Sihopok, Tapanuli Selatan. Saya diberitahu bahwa yang akan saya jumpai di Pos ini adalah anggota club sepeda yang kebetulan adalah Polisi

Saya tiba di Pos Pantau sekitar jam 5, disambut dengan hangat olah mas Yuspan dan Ito Sidabutar.

January 15, 2018

Catatan Perjalanan Bersepeda Dari Dumai Ke Samosir (Bagian I)

Foto diambil mas Agus SCC waktu saya belum mengenal beliau,
nampak saya tersenyum karena dia menyapa dengan ramah dan
 tidak terlihat seperti orang iseng
Day 1, 22 Desember 2017

Saya memulai perjalaanan dari Batam, dengan menumpang kapal Dumai Express tujuan Dumai. Kapal berangkat pukul 7 pagi, tiba di Dumai pukul 15.30.

Karena saat itu adalah musim liburan Natal dan tahun baru, sntrian mengambil bagasi sangat panjang. Saya baru bisa keluar pelabuhan pukul 16.30

Hari ini saya bersepeda sekitar 16 km ke pinggiran kota Dumai. Mencari jalan menuju jalan lintas Sumatera tidaklah mudah. Beberapa kali saya berhenti kebingungan melihat Google Map. Rupanya bantuan manusia masih diperlukan meski teknologi demikian canggihnya

Seorang pria bahkan menemani saya hingga saya menemukan jalan yang dia jelaskan, karena apa yang dijelaskan memang cukup sulit untuk diikuti

Saya menginap dengan mendirikan tenda disebelah rumah penduduk, yang tentunya meminta izin terlebih dahulu. Mereka tidak hanya mengizinkan, tapi juga menawarkan saya menginap dirumahnya. Tapi saya menolak dan tetap memilih tenda

January 10, 2018

Persiapan Touring Sepeda Dumai - Samosir

Saat di Danau Toba
Saya baru saja kembali dari touring sepeda sejauh kira-kira 480-500 km dari Dumai ke Pulau Samosir. Ini adalah touring sepeda pertama yang saya lakukan, yang sebelumnya tidak lengkap dengan perlengkapan camping dan memasak.

Bersepeda dan camping yang pertama saya lakukan adalah ke Bintan dengan jarak tempuh 60 km, tenda sudah disediakan disana

Berawal dari membeli sepeda baru akhir Juli lalu, mengganti sepeda