December 18, 2017

Jalan-jalan Yang Beda di 2018

Tak terasa tahun 2017 segera berlalu, tahun baru segera datang, ada rencana liburan kemana teman-teman? Saya akan melakukan touring sepeda sendirian. Aduh jangan kaget dong. Jalan raya kan ramai orang :D. Mengapa touring sepeda dan mengapa sendirian? Karena saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Sudah beberapa tahun terakhir saya selalu traveling keluar negeri (backpacking).
Dandanan sepeda saya saat touring

December 12, 2017

Tips Memilih Jas Hujan Atau Rain Coat

Garis reflektor baik untuk keamanan
Indonesia termasuk negara dengan curah hujan tergolong tinggi, yakni 2000 hingga 3000 mm per tahun. Setiap daerah memiliki curah hujan yang berbeda-beda sih, ada yang lebih tinggi dari yang lain. Rata-rata pertahun tidaklah sama, tergantung musim saat itu. Pastinya, ketika musimnya, hujan bisa datang setiap hari

Sebagai orang yang senang melakukan kegiatan olah raga sepeda, camping dan juga pengendara motor, saya sangat butuh jas hujan yang kuat. Jas hujan ini sekaligus harus bisa saya gunakan untuk berbagai kegiatan. Jas hujan untuk bersepeda, untuk berjalan ketika camping, juga jas hujan motor

December 5, 2017

Arie Untung Luncurkan Bolu Awak Di Batam

bolu taro bolu awak
Bolu Taro yang terbuat dari ubi ungu, persembahan Bolu Awak
Banyak selebritis di tanah air mencoba peruntungan dengan membuka bisnis makanan, terutama bakery. Berbagai cake ini menyasar kebutuhan oleh-oleh suatu kota. Selain tentunya untuk makanan keluarga dirumah.

Diantara mereka adalah Arie Untung yang mencoba memberikan cita rasa yang menurutnya akan disukai masyarakat didalam potongan kue.

December 2, 2017

Tips Untung Menikmati Promo Harbolnas 2017 Bukalapak

Tenda Merapi Mountain Incaran Harbolnas nanti
Harbolnas adalah salah satu ajang belanja yang rutin dilakukan setiap akhir tahun. Event ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012. Ketika itu hanya ada beberapa pelaku e-commerce saja yang mengikuti event ini, tetapi tahun ini diprediksi hampir semua toko online nasional akan berpartisipasi dalam moment belanja besar tersebut.

December 1, 2017

Coming Soon, Bolu Awak di Batam

Cheese Tart Persembahan Bolu Awak
Satu lagi Brand kue akan memasuki pasar oleh-oleh di Batam.  Brand yang sudah mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia ini akan hadir disini dengan mengusung nama Bolu Awak. Brand yang dipunyai oleh Ari Untung dan Istrinya ini mempunyai nama yang berbeda di setiap daerah  tergantung bahasa daerah yang ada ditempat tersebut. Meski berbeda, nama-nama tersebut mempunyai arti yang sama, yaitu "bolunya saya"

Review Film: Marlina Si Pembunuh

Saya baru saja selesai menonton Film Marlina si Pembunuh. Mendengar ada Garin Nugroho dibalik film ini seperti menjadi jaminan bahwa film ini akan menjadi tontonan menarik, meski biasanya pesimis dengan film-film Indonesia lainnya. Film yang banyak mendapat pujian dan memenangkan beberapa penghargaan di ajang film internasional ini sudah menjadi film "incaran" dan saya tunggu-tunggu kedatangannya

November 20, 2017

Desa Wisata Kampung Terih, Pantai Baru di Nongsa

Pelantar di Kampung Terih, spot foto paling kece ditempat ini
Desa Wisata Kampung Terih adalah sebuah pantai dan kampung wisata yang terletak di Kecamatan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Pantai ini baru dibuka untuk umum sekitar 6 bulan lalu, soft launching dilakukan awal November kemarin. Pantai ini dikelola oleh Penjelajah Alam Kepri (PARI) bekerjasama dengan penduduk setempat. Pantai ini dikelola dengan semangat muda karena mengakomodir keinginan wisatawan masa kini yang ingin spot-spot bagus untuk berfoto

November 9, 2017

Terjerat Rasa P3 Live Sea Food

Kepiting telur asin di P3 Live Sea Food
Minggu kemarin saya dan teman-teman kumpul dan makan-makan. Seperti biasa kalau kumpul pasti mencoba tempat makan yang baru. Ada teman merekomendasikan kita kumpul di P3 Live Sea Food.

November 8, 2017

Pengalaman Membayar Pajak Motor Di SAMSAT BCS Mall Batam

pajak motor BCS mall batam
Surat Bukti Pembayaran pajak yang saya bayar di BCS Mall
Tibalah saatnya jatuh tempo pajak motor saya tanggal 8 November 2017. Sebenarnya saya sudah merencanakan melakukannya di akhir minggu/weekend kemarin. Tapi karena weekend kemarin ada sesuatu yang mendadak harus dikerjakan dan ada teman meninggal (melayat dan ikut mengantar pemakaman), saya terpaksa menundanya.

November 6, 2017

Beach Adventure Challenge, Lomba Estafet Extreme Obstacle - Canoe Race - Aqua Adventure Track

Memanjat dengan tali, menyebrang rintangan di Sea Adventure Forest

Sabtu 4 November kemarin saya mencoba bermain beberapa permainan seru di Sea Adventure Forest, Nuvasa Bay, Nongsa. Di permainan ini kita harus melewati rintangan-rintangan didarat, menyeberang laut dengan canoe berdua, kemudian melewati rintangan-rintangan di air.

October 31, 2017

Bersepeda dan Camping Dari Batam ke Pemancingan Poyotomo, Bintan

Pemaningan poyotomo, gunung, bintan
Tenda dan Sepeda saya  di Pemancingan Poyotmo
Saya berkemah/camping di Pemancingan Poyotomo, Bintan, 27 Oktober yang lalu.

Jarak total antara tempat tinggal saya ke Pemancingan Poyotomo adalah 60,6 km (diluar perjalanan dengan kapal). Perjalanan ini saya lakukan dengan mountain bike atau sepeda gunung sendirian. Sepeda gunung sebenarnya tidak cocok untuk bersepeda dijalan raya, karena ban sepeda yang besar membuat sepeda menjadi berat. Lebih cocok memakai ban yang lebih ramping.

October 24, 2017

Terpukau Danau Maninjau

Danau Maninjau dilihat dari Puncak Lawang
Danau terbeken di Sumatera Barat ini sudah menjadi magnet dan menarik-narik hati saya untuk berkunjung. Maka pada perjalanan akhir September lalu, saya memasukkan danau ini jadi tempat utama. Bahkan saya menyusun perjalanan supaya kami menginap disini 2 malam.

October 19, 2017

Tips Travelling Keluar Negri

Yangon International Airport, Myanmar
Buat teman-teman yang sudah biasa jalan-jalan di Indonesia mungkin sudah mengerti apa saja yang dibutuhkan untuk bepergian. Mulai dari Dokumen, pakaian, asuransi, hingga mata uang. Buat yang belum biasa, ada tips nih berdasarkan pengalaman saya selama jalan-jalan keluar negri. Hal-hal ini adalah sesuatu yang saya ketahui setelah saya

1. Persiapkan Dokumen Dengan Teliti

a. Perhatikan apakah paspor masih cukup masa berlakunya

October 9, 2017

Berburu Buku Bekas di Pantai Kuta

foto: www.telegraph.co.uk
Pantai Kuta, Bali  sangat terkenal dengan sunset dan pasir putihnya. Namun banyak orang tidak tahu kalau pantai Kuta cocok untuk turis kutu buku. Jika kamu pencinta buku, bagaimana perasaanmu, jika di sela liburanmu kamu menemukan toko buku bekas dengan koleksi menarik? Seperti menemukan harta karun tentunya. Zaman sekarang orang  banyak yang mempunyai kindle atau membaca ebook di gadget, tapi pecinta buku sejati pasti setuju, tak ada yang bisa menggantikan sensasi membaca buku sungguhan!

October 6, 2017

Berbagai Event Menarik Akan Meriahkan Festival Bahari Kepri 2017

foto: sportourism.id
Festival Bahari Kepri yang merupakan event unggulan Provinsi Kepulauan Riau akan kembali digelar di Tanjungpinang. Catat tanggalnya teman-teman: 13 - 21 Oktober 2017. 9 hari lho.

October 4, 2017

Mengunjungi Lembah Harau, Sepotong Surga di Sumbar

Air terjun di Lembah Harau
Sudah lama saya mendengar soal keindahan lembah Harau, saat saya mengunjungi Padang tahun 2000, teman-teman dari Mapala Proklamator mengajak kami ke Lembah Harau untuk  melihat tebing panjat disana. Tapi waktu kami yang cukup terbatas membuat kami tidak bisa mengunjunginya. Akhirnya saya berkunjung juga kesana tanggal 21 Oktober  kemarin.

October 3, 2017

Review Pengalaman Menginap di Airy Rooms Padang Bersama Emak

Jadi ceritanya ada berita heboh di group travelling, membuat group gonjang ganjing tak terkiraAiry Rooms ada promo karena mereka meluncurkan penjualan tiket pesawat, sebelumnya mereka hanya menjual kamar hotel. Berita promo adalah berita yang akan selalu menyebar cepat di group penyuka jalan-jalan.

August 13, 2017

Tips Menyusun Liburan Hemat

Teman-teman sering bertanya pada saya berapa biaya saya keluarkan untuk suatu perjalanan. Misalya bertanya berapa uang yang saya habiskan sekembalinya saya dari Myanmar. Banyak diantara mereka kaget dengan biaya yang saya sebutkan. Menurut mereka itu terlalu murah. Itu belum termasuk tiket kan? Kata mereka. Sudah semua termasuk tiket kata saya. Wah, murah ya! seru mereka. Itulah enaknya mengatur perjalanan sendiri, kata saya.

August 2, 2017

Lamaran Pekerjaan Lewat Email Yang Bikin Ngakak

Sebagai HR sebuah perusahaan, saya sering pernah  beberapa kali memasang lowongan pekerjaan di koran atau situs lowongan pekerjaan. Setelah memasang iklan di koran atau website pencarian kerja, biasanya email akan di penuhi banyak sekali lamaran. Banyak lamaran yang "lucu-lucu", sampai membuat saya geleng-geleng kepala, senyum, hingga ngakak

Lamaran bagaimana yang membuat saya seperti itu?

August 1, 2017

Tentang Sampah dan Disiplin Masyarakat Indonesia

Lihat tong sampah di pojok kanan atas, begitu dekatnya ke sampah mereka
Event barelang Marathon Desember 2016
Saya sering harus menahan diri untuk tidak berteriak ketika melihat seseorang melemparkan sampah dari mobil, angkot atau motor. Saya sering menahan nafas ketika melihat di objek wisata seperti gunung, danau atau air terjun dikotori sampah pengunjung. Kalau objek wisatanya dikelola, biasanya ada yang membersihkan, tapi air terjun, gunung, sungai, bukit, tidak selalu dikelola. Jadi sampah tidak ada yang membersihkan

Entah bagaimana ceritanya bangsaku ini jadi berpenyakit

July 27, 2017

Pengajuan Visa Australia Saya Ditolak

Pengajuan visa Australia ditolak
Perihnya...foto: dreamstime.com
Seperti yang saya rencanakan sebelum perjalanan saya ke Filipina, saya akan mengajukan visa Australia setelah kembali. Sebenarnya saya sudah akan mengajukan bulan Juni. Tapi karena saya masih akan membutuhkan paspor, saya menundanya hingga kembali.

Saya menyerahkan dokumen tanggal 17 Juli 2017 melalui travel agent. Travel agent ini biasa membantu urusan visa dikantor. Beberapa kali kami apply visa Cina, Korea dll. Jadi saya tidak mempertanyakan kredibilitas travel agent ini. Walau teman menyarankan travel lain, saya pikir nggak ada alasan visa saya ditolak, saya tidak khawatir.

July 26, 2017

22 Juni 2017

Hostel di Singapore $14.50

Makan malam $ 4
MRT Harbour Front - Hostel - Changi pakai kartu MRT (sudah punya kartu & deposit)

July 24, 2017

Mencoba Serunya Gokart di Sirkuit Marina, Batam

Mencoba Gokart di Circuit Marina, Batam

Sabtu kemarin, saya mencoba jadi pembalap F1 mengendarai gocart di arena sikuit Marina, Batam. Awalnya saya merasa takut melihat mereka yang sudah ahli memacu mobil kecil ini dengan kecepatan tinggi. Setelah mengemudikan sendiri saya baru tahu kalau kecepatan mengendarainya bisa diatur

July 21, 2017

Hal Unik Tentang Masyarakat Cina

Saya pernah bekerja selama 1 tahun di Cina. Selama disana saya melihat hal-hal yang tidak biasa di masyarakat kita.

1. Cewek disana membiarkan bulu dibawah lengannya tumbuh subur dan tidak menutupinya. Artinya, mereka berangkat kerja dengan baju tanpa lengan dan tidak malu menunjukkan tumbuhan dibawah lengannya tumbuh subur. Ini jadi pemandangan sehari-hari selama disana

Jalan-Jalan (Backpacking) ke Beijing - Bagian 1

July 19, 2017

Itinerary 10 Hari Trip Manila - Cebu, Filipina

Pantai Oslob, Cebu, Filipina
Day 1 - 23 Juni 2017:

Terbang dari Singapore ke Manila Jam 10.35 tiba jam 14.15 , pesawat Cebu Air. Sorenya explore jalan-jalan didaerah sekitar hostel, makan malam dan tidur

Menginap di Wanderers Guest House

Day 2 - 24 Juni 2017

Explore Intramuros, kota tua bekas masa penjajahan Spanyol. Lokasinya luas, jadi bisa seharian disini. Sore balik ke hostel, keluar melihat sunset di pantai yang tidak jauh dari hostel.

July 18, 2017

5 Pantai Terbaik Thailand Yang Harus Kamu Kunjungi

Foto: thepeak.com
Sebagai Negara kepulauan, Thailand memiliki ratusan pantai indah dari ujung ke ujung negeri. Nggak cuma punya Phuket yang namanya sudah tersohor ke semua penjuru dunia, banyak pantai lainnya yang bahkan lebih cantik.

July 14, 2017

Booking Tiket Ferry & Kapal Lewat Aplikasi Marlin Booking

Menu Utama di Marlin Booking
Teknologi berkembang terus. Dulu, untuk  booking tiket pesawat kita harus mendatangi travel agent, mendengarkan mereka membacakan alternatif jam penerbangan satu persatu, baru bisa booking. Setelah membeli, kita diberi sebuah tiket yang berisi beberapa lembar halaman.

Zaman berubah terus, sekarang semua bisa dilakukan dengan smart phone. Ada aplikasi booking ferry yang diluncurkan beberapa bulan lalu, yaitu Marlin Booking. Aplikasi ini mendapatkan sambutan masyarakat dengan jumlah download 5000 kali.

Cara ke South Bus Station dari Mactan Airport, Cebu, Menggunakan Angkutan Umum

My Bus, bis umum yang bisa digunakan dari Mactan Airport menuju kota Cebu
Jika mengunjungi Cebu, saya bisa pastikan salah satu tempat yang akan anda kunjungi adalah Moalboal dan atau Oslob. Mengunjungi Moalboal untuk melihat air terjun Kawasan dan pantainya, dan Oslob untuk melihat hiu paus atau whaleshark. Jika ingin menggunakan bis/angkutan umum untuk mengunjungi kedua kota ini,  anda perlu mengetahui bagaimana caranya menuju South Bus Station. Jika menggunakan taksi, hal itu tidak butuh banyak pemikiran.

July 10, 2017

Saya Tidak Mau Mengunjungi Indonesia Karena...

Indonesia itu negeri makmur, gemah ripah loh jinawi. Penduduknya ramah bersahabat. Alamnya kaya. Negeri kita sangat indah, kita punya Bali si pulau dewata.

Tapi saat berbincang dengan turis asing, ada saja yang belum pernah mengunjungi Indonesia, bahkan tak tahu dimana letak Indonesia.

Ada beberapa kejadian mengobrol dengan turis lain yang belum pernah ke Indonesia. Mereka menyebutkan alasannya

1. Saya mendengar soal bom Bali dan takut mengunjungi Indonesia

Serba-Serbi Perjalanan Filipina

Osmena Peak
Saya ingin menuliskan beberapa hal menarik yang terjadi selama trip saya ke Filipina. Saya ingin mengabadikan kenangan saya dalam tulisan. Karena biasanya saya kaan lupa setelah beberapa tahun, mudah-mudah tulisan bisa mengingatkan jika saya membacanya beberapa tahun yang akan datang

Hampir Tenggelam

Saat snorkeling di Moalboal, saya sebenarnya menyewa pelampung.

July 6, 2017

Mendaki Osmena Peak, Puncak tertinggi Di Cebu

Osmena Peak, moalboal, oslob, cebu, filipina, phillipines
Pemandangan dari atas puncak Osmena Peak
Osmena Peak (baca osmenya) adalah puncak tertinggi di Cebu, dengan ketinggian 1013 meter diatas permukaan laut. Jangan ngakak dan bandingin dengan gunung di negara kita ya. Memang tingginya nggak seberapa, tapi pemandangan dari puncaknya sangat luar biasa.

July 4, 2017

Canyoneering/Canyoning Di Air Terjun Kawasan Moalboal, Filipina

Air Terjun Kawasan Moalboal, Filipina
Meluncur terbalik

Canyoneering atau canyoning adalah aktifitas penelusuran sungai, ngarai, dan air terjun  dengan menggunakan teknik seperti scrambling (mendaki tebing batu dengan hanya menggunakan tangan), rappelling (menuruni tebing dengan tali), abseiling, river-hiking, melompati tebing, dan berenang. Canyoneeing awalnya dikenal di negara-negara Eropa dan akhirnya dikenal di seluruh dunia.

Air Terjun Kawasan terletak di Moalboal, Cebu, Filipina. Saya pertama kali mendengar soal air terjun ini saat berbincang dengan seorang turis cewek asal Filipina di trip saya ke Myanmar. Saat mencari informasi lebih lengkap soal air terjun ini, saya membaca banyak orang merekomendasikan kegiatan ini.

July 3, 2017

Berenang Dengan Raksasa Whaleshark Di Oslob, Filipina

whaleshark whalesharks oslob, cebu, filipina, phillipines
Saya mengunjungi Oslob tanggal 28 hingga 30 juni 2017 yang lalu, untuk berenang bersama raksasa Whaleshark. Perjalanan dimulai dari Moalboal dengan naik bis jurusan Bato, dan menyambung ke Oslob. Perjalanan sekitar 4 jam. Saya bersama cewek asal Kanada yang saya kenal di hostel.

June 15, 2017

Berbeda Tapi Sehatea

Bagaimana sejauh ini puasanya teman-teman? Tetap sehat kan? Saya sering nih ikutan buka puasa dimana-mana, meski saya tidak menjalankan puasa. Biasnya karena undangan atau buka puasa dengan komunitas yang saya ikuti. Saya datang dan menunggu bedug bersama teman-teman. Ikut merasakan menahan nafsu ketika makanan lezat mengundang air liur didepan mata. Saya menunggu azan magrib sebelum saya menyeruput teh hijau panas kesukaan kami.

June 14, 2017

Bedak Thanaka, Kosmetik berusia Lebih Dari 2000 Tahun dari Myanmar

Mencoba Thanaka, walau yang dikemasan botol
Thanaka adalah cairan kekuningan yang dipakai sebagai bedak dingin. Krim ini digunakan umumnya oleh perempuan, dan sebagian kecil laki-laki juga.  Kosmetik ini sudah dipakai oleh masyarakat Myanmar lebih dari 2000 tahun.

June 6, 2017

Menilik Kehidupan Disekitar Inle Lake, Myanmar

Sunset di Inle Lake
Inle Lake adalah danau air tawar yang berada di daerah Nyaungshwe, Taunggyi, Myanmar. Danau ini luasnya 116 km. Ada 70.000 orang yang tinggal di desa-desa di sepanjang pinggiran danau. Merupakan salah satu tempat wisata yang terbanyak dikunjungi di Myanmar

May 31, 2017

Ramadhan Fasting Feast di Swiss-belHotel, Cuma 158ribu/person

Rujak, enak banget
Ramadhan datang lagi. Akan ada banyak acara buka puasa bersama di berbagai instansi dan komunitas. Kantor, Alumni, pengajian, arisan dll. Sudah menemukan dimana mau buka puasa dengan komunitas anda?

May 30, 2017

Chipsley, Icon Snow City Pembawa Pesan Tentang Pemanasan Global

Foto: https://www.facebook.com/iamchipsley
Ceritanya, Keluarga Chipsley berasal dari kutub utara. Mereka tinggal disebuah rumah dibawah kaki gunung salju. Suatu hari saat mereka pergi piknik, salju yang meleleh akibat pemanasan global menghancurkan pondok mereka. Mereka tidak punya tempat tinggal lagi. Karena hal ini, Chipsley merasa kutub bukanlah tempat yang aman lagi. Salju terus menyusut. Mereka kemudian pergi dari sana untuk menemukan tempat bagi rumah baru mereka

May 29, 2017

Snow City Singapore, Sensasi Musim Dingin Di Negara Tropis

Saya tahu, buat kita-kita yang hidup di negara tropis, salju itu bak dongeng  yang hanya ada dalam khayalan. Kita tidak pernah melihat atau menyentuhnya. Walaupun saya pernah melihat salju yang asli waktu saya mengunjungi Cina tahun 2012 lalu, saya nggak pernah lupa bagaimana rasa penasaran saya sebelumnya, karena hanya bisa melihatnya lewat tv atau foto saja.

May 20, 2017

Itinerary Perjalanan 7 Hari Myanmar

Itinerary Perjalanan di Myanmar

8 Mei

Berangkat dari Batam menuju Johor dengan kapal laut, harga tiket sekitar Rp 290.000 (pp) + pajak one way Rp 65.000

May 18, 2017

Budget Perjalanan Myanmar Selama 1 Minggu

Bagan, Myanmar
Sunset di Bagan, Myanmar
Tiket berangkat dari KLIA - Yangon PP 800.000

Day 1

Tiket Batam Johor Rp 290.000 pp + Pajak one way 65.000
Tiket Johor - KL  RM 34
Taksi 15 RM/dibagi 3 orang
Makan di Larkin 7 RM

Tragedi Demi Tragedi Pejalanan Myanmar

Semua perjalanan punya cerita sendiri. Tapi entah mengapa trip kali ini banyak kejadian tak terduga yang membuatnya jadi "berkesan". Untuk saat ini bisa senyum mengingatnya, tapi jangan ditanya pas kejadian

Ketinggalan pesawat di KLIA
Tragedi 1: Ketinggalan Pesawat

Ceritanya kami udah saling mengingatkan untuk web check in, tapi mungkin karena rempong urusan kerja Putri dan Benia tidak melakukan web check in. Web check in dilakukan saat kami tiba di KLIA. Merasa sudah web check in, kami santai leyeh-leyeh sambil minum coklat panas di salah satu cafe. Saat kami akan masuk, mereka tidak bisa masuk karena tidak ada print-an bar code yang digunakan di pintu masuk. Mereka harus kembali dan dan print bar code. Saya dengan mas Danan bisa masuk dan kami menunggu mereka.

May 5, 2017

9 Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi di Melaka

Famosa, Melaka, Malaysia
Melaka adalah kota yang merupakan warisan budaya dunia, yang dirawat dalam payung UNICEF. Jika kesana, kita akan melihat banyak bangunan tua yang akan menceritakan sejarah panjang Melaka dan Selat Melaka sebagai tempat persinggahan perdagangan sejak ratusan tahun lalu. Tentunya juga ada jejak sejarah  masa pendudukan Portugis, Belanda dan Inggris.

May 4, 2017

Without You

No I can't forget this evening
Or your face as you were leaving
But I guess that's just the way
The story goes
You always smile but in your eyes
Your sorrow shows
Yes it shows

Tips Packing Mudik

Hai teman-teman, Sudah mempersiapkan perjalanan mudik?

Supaya perjalanan nyaman dan tenang, kita perlu memilah barang apa yang dibawa dan yang mana. Kerepotan membawa barang-barang yang terlalu berat akan membuat perjalanan tidak nyaman. Ada tips packing dari saya nih, yuk dilihat

April 27, 2017

Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Kereta api menjadi transportasi yang sangat penting saat ini, karena memberikan kenyamanan, kecepatan serta dengan harga yang lebih terjangkau jika dibanding tiket pesawat. Selain itu, kecepatan kereta api juga lebih terukur jika dibanding dengan naik bis. Karena itulah banyak yang lebih memilih kereta api sebagai transportasi untuk mudik lebaran. Tiket kereta api apapun selalu terjual habis dalam waktu singkat begitu pembukaan pemesanan untuk Lebaran dibuka.

Barang Wajib Dibawa Jika Menginap di Hostel Dorm

Hostel dorm itu maksudnya penginapan yang menyewakan per tempat tidur didalam sebuah kamar. Jadi dalam satu kamar kita menginap bersama orang lain

1. Gembok

Hostel dorm tidak punya lemari seperti hotel. Kita kadang hanya akan disediakan sebuah loker tempat kita menyimpan tas/koper. Biasanya loker ini tidak beserta gemboknya. Jadi kita harus membawa gembok sendiri

April 26, 2017

Mengunjungi Air Terjun Kuang Si (Waterfalls), Air Terjun Terindah di Laos

Air Terjun Kuang Si adalah tempat wisata yang paling banyak di kunjungi di Luang Prabang, Laos. Tempat ini berjarak sekitar 29 km dari kota Luang Prabang. Bisa ditempuh dengan motor sekitar 45 menit hingga 1 jam. Saya dengan beberapa teman yang saya kenal saat perjalanan ini, menyewa motor dengan harga sekitar Rp 150.000/motor

April 20, 2017

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Termurah

The White Temple, Chiang Rai, Thailand
Berpergian dengan menggunakan pesawat sudah menjadi salah hal yang umum dilakukan saat ini di Indonesia. Menjangkau berbagai negara lain atau berbagai pulau dengan pesawat merupakan cara yang sangat praktis. Kalau jalan-jalan, biasanya kita pasti akan mencari Tiket pesawat termurah untuk menghemat biaya perjalanan

April 4, 2017

Enaknya Yang [Masih] Single (Baca: Jomblo)

Pertama saya mau bilang, saya bukan single warrior yang mau mempromosikan hidup single. Saya pernah baca bahwa hidup menikah itu lebih bahagia dari pada hidup sendiri. Saya percaya itu. Mungkin kargena orang menikah tidak kesepian, ada teman berbagi, punya anak yang memberi warna kehidupan mereka.

March 6, 2017

Vang Vieng, Kota Kecil Penuh Wisata Petualangan

Kayaking disungai Vang Vieng, Laos, mata kami dimanjakan pemandangan
Kota apa yang terlintas di benak kita ketika mendengan nama negara Laos? Luang Prabang? atau Vientiene? Ibu kotanya dengan nama yang terdengar sangat kebarat-baratan. Kota-kota di Laos memang tak sebeken kota lain di Asia seperti bangkok misalnya. Namun jika menyusun rencana perjalanan ke Laos, jangan lewatkan kota Vang Vieng. Saya berkesempatan mengunjungi kota ini awal tahun ini (2017).

March 1, 2017

8 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang (sumber : hellosemarang.com)
Di Semarang, ada sebuah tempat yang sangat dikenal, namanya : Simpang Lima. Tempat ini berupa lapangan luas yang cukup untuk berbagai aktifitas.

February 27, 2017

Tidak Nyamannya Mendengar Komentar Orang Tentang Status Saya [curhat jomblo]

Saya ingin menceritakan bagaimana status saya yang belum menikah membuat orang terganggu, terguncang, terkejut dan menderita lahir batin #ehh

Obrolan Dipinggir Jalan

Saya sedang menunggu bis kekampung ibu saya untuk pemakaman nenek yang meninggal, tempat itu adalah sebuah simpang dan warung itu semacam tempat menunggu bis. Seorang polisi sedang duduk-duduk disana dan mengobrol dengan seorang Bapak (sepertinya pemilik warung). pembicaraan dimulai saat saya menanyakan apakah bis ketempat yang saya tuju masih ada, berlanjut menanyakan marga, dan seterusnya

Si Bapak          : Sudah menikah?

February 16, 2017

Tetap Sehat Dalam Perubahan Cuaca Ekstrim Saat Travelling

Teman-teman ada yang pernah sakit karena travelling? Atau mungkin nggak enak badan? Mungkin pernah ya, saya sih pernah dulu. Sakit saat jalan-jalan nggak enak banget, karena hari-hari kita saat liburan sangat terbatas, kita punya daftar panjang tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Tapi badan malah meriang, pegal-pegal dan lemas. Jangankan dibawa berjalan jauh, untuk sekedar berdiri saja terasa lemas. Maunya tiduran saja. Saya ingat pernah saya hanya duduk di tepi kolam renang yang bagus banget, melihat teman-teman berenang dan bercengkrama. Lemes dan ngga punya tenaga

Trekking di Hutan Chiang Mai, Thailand ( Hari ke-2)

Suasana pagi hari ke-2

Bangun dengan Mata Bengkak (Hari Kedua)

Saya terbangun pagi hari dengan gatal-gatal di tubuh dan bengkak di mata kiri. Sesuatu sudah menggigit saya, dan teman-teman lain. Saat itu saya belum tahu, tapi kemudian saya tahu bahwa itu adalah kutu yang biasanya ada di kasur atau bantal.

Trekking di Hutan Chiang Mai, Thailand

Salah satu tempat istirahat kami diperjalanan
Sejak merencanakan perjalanan ke Chiang Mai, saya sudah melihat-lihat bahwa tempat ini cocok untuk kegiatan trekking/hiking, karena banyak bukit disana. Jadi ketika tiba di hostel, saya langsung bertanya-tanya soal paket trekking selama 2 malam. Karena saya lihat spanduk-spanduk diluar menjual harga yang sama dengan yang dijual hostel, akhirnya saya booking paket yang dijual di hostel. Untuk paket trekking 2 malam ini saya membayar 1500 Baht atau sekitar 600 ribu rupiah.