Rencana Touring Sepeda Ke Lombok

Gunung Rinjani di Lombok dilihat dari kakinya, disebut merupakan salah satu
gunung terindah di Indonesia
Hallo teman-teman, apa kabar? Saya lama tidak update blog nihh. Sedang ada suatu transisi dalam kehiduoan saya yang cukup besar, yang membuat saya kalang kabut 2 bulan terakhir. Syukurlah masa transisi ini sudah hampir selesai. Dan saya ada waktu untuk melihat blog saya yang sudah berdebu dan mulai ada sarang laba-labanya hehe... O iya. Nanti soal transisi ini akan saya tulis juga yaa..sabar yaaa..

Ngomong-ngomong soal liburan (blog saya kan banyakan ngomong liburan ya hehe..), saya berencana touring sepeda ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Awal rencana sih akhir Desember  2018 hingga Awal Januari 2019. Tentunya rencananya sendiri saja. Karena seperti yang saya bilang selalu, siapa sih yang liburnya banyak kayak saya? Hehehe...maaf agak sedikit congkak. Memang perusahaan saya banyak memberikan libur kepada kami.  Tapi kalaupun ada yang liburnya kayak saya, siapa sih perempuan tapi mau capek-capek naik sepeda keliling-keliling, merusak kulit dan kecantikan lainnya. Orang tuh manja-manjain diri dirumah, luluran dan maskeran, saya sebaliknya. Membiarkan diri terbakar matahari. 

Mengapa Lombok?

Saya sudah lama jatuh cinta dengan Lombok, tahun 2007 saya sempat ,mengnjungi Lombok dan mendaki salah satu gunung terindah di Indonesia, yaitu Rinjani. Rinjani ini adalah gunung impian para pendaki kategori gunung dalam negeri. Gunung Rinjani  yang ketinggiannya mencapai 3726 diatas permukaan laut ini indaaaah banget. Gunung ini adalah gunung terindah yang pernah saya lihat/daki.  Pendakian yang saya lakukan disana berlangsung hingga total 5 hari, karena kami memutuskan menginap 2 malam di Danau Segara Anak karena ingin menikmati suasana danau yang tenang dan indah itu

Dan tahu nggak teman-teman, ketika kita melihat pemandangan semacam Rinjani, kita tidak akan berhenti kagum terhadap negara kita tercinta ini. Bagaimana alam ini menyajikan sebuah danau ditengah gunung, dengan ikan yang besar-besar, siap dipancing dan disantap dengan sambal lombok yang terkenal itu. Bagaimana gunung ini juga memberikan pemandian air panas diantara dinginnya air danau dan cuaca yang menggigit tulang. 

Dikaki gunung ini juga ada air terjun yang indah bernama air terjun  Penimbungan, yang akan kita lewati jika mendaki Rinjani lewat jalur Torean

Million dollar view dari puncak gunung Rinjani. Pemandangan yang hanya ada disini

Pemandangan disekitar puncak Rinjani

Danau Segara Anak dilihat dari puncak Rinjani

Sejak mendaki Rinjani, hasrat mendaki gunung saya sedikit menyusut, apalagi saya tinggal di daerah yang tidak ada gunungnya. Saya masih melakukan jelajah hutan alias trekking, tapi mendaki sudah berhenti sejak 2009, pendakian terakhir saya adalah Semeru

Singkat cerita, saya memang lebih banyak menekuni hobby saya yang baru yaitu bersepeda. Dulu saya hanya melakukan sepeda gunung atau mountain bike. Kalaupun saya bersepeda si jalan raya, saya masih menggunakan sepeda gunung saya

Belakangan saya mengenal Touring sepeda jarak jauh. Dimana kita bersepeda menuju suatu tempat selama beberapa hari bahkan hingga bertahun-tahun Kita akan menginap dimana saja ketika sore menjelang, bisa di hotel atau di camping ground, dihutan atau didepan rumah orang. Saya sudah melakukan 2 kali touring yang cukup jauh, yang mencapai 9 hari. Ada keseruan tersendiri melakukannya, apalagi sendiri. Saya sudah mendaki berbagai gunung, tapi capeknya naik sepeda berhari-hari masih lebih menggetarkan dibandingkan naik gunung (ceileh menggetarkan) 

Saya belum pernah menangis saat mendaki gunung, tapi menangis ketika saat touring sepeda, saya melihat tujuan saya hanya beberapa menit didepan mata. 

Saya sangat-sangat tertarik untuk touring disana. Teman saya pernah berkeliling Lombok dengan motor hingga berminggu-minggu. Ceritanya tentang keindahan pantai-pantai yang bukan "pantai turis" yang dia jumpai tanpa sengaja, sangat menggiurkan. Masyarakat Lombok juga sangat ramah menurutnya. Jadi saya susunlah rencana touring ke Lombok ini. 

Biasanya yang pertama saya lakukan untuk suatu perjalanan adalah melihat-lihat harga tiket pesawat. Tiket pesawat adalah hal terpenting dalam suatu perjalanan, dan biasanya memakan paling banyak budget. Hal lain seperti penginapan, makanan dll, masih dibawah pentingnya tiket pesawat

Dari Batam tuh harga tiket pesawat ke bagian timur Indonesia relatif mahal. Kami yang tinggal di Batam lebih sering menemukan tiket murah ke luar negeri. Karenanya, liburan ke timur itu adalah liburan mewah buat "kami" :D. Beberapa bulan lalu saya melihat tiket pesawat ke Lombok, namun belum berani booking karena belum pastinya tanggal liburan

Di november kemarin akhirnya saya mendapat kepastian tanggal liburan kami, langsung deh saya buka www.pegipegi.com untuk booking tiket. Enaknya di pegi-pegi ini, ada menu khusus dimana kita bisa melihat promo apa saja yang ada dan ditawarkan ke pengunjung

Ada menu khusus untuk melihat promo 

Penggunaannya websitenya juga mudah dan semua bisa dilihat dengan jelas, kalau orang pinter bilangnya "user friendly". Ada beberapa hal yang memudahkan kita untuk mencari penerbangan yang kita inginkan. Poin-poin dibawah ini bisa dilihat posisinya digambar dibawah yah teman-teman

1. Kita bisa melihat harga ditanggal yang berdekatan dengan yang kita pilih. Kita tinggal geser kurser ke kiri atau ke kanan untuk melihat lebih detil soal harga yang ditampilkan diatas

2. Jika ingin merubah ke liburan lain di bulan lain, klik "Ubah Pencarian", maka akan muncul tempat memasukkan tanggal baru, tujuan baru dan jumlah penumpang. Ini memudahkan kita untuk membuat beberapa rencana skaligus

3. Customer service bisa dihubungi 24 jam melalui email maupun telepon

4. Kita bisa membuat filter untuk menyaring pencarian kita jika misalnya kita ingin maskalai tertentu saja, menyaring berdasarkan jam-jam yang kita inginkan, memilih apakah transit atau tidak, dan membuat kisaran harga sesuai budget yang kita inginkan

5. Ada tempat khusus dimana kita bisa melihat promo-promo yang sedang berlangsung. Seru banget kan. Saya dapat diskon Rp 110.000 kemarin dengan kode promo yang diberikan. Lihat syarat dan ketentuan ya gais



Berbagai menu pilihan yang memudahkan kita untuk melakukan pencarian

Sepeda dan saya siap bertualang :D

Pembayaran

Pembayaran untuk booking yang sudah dilakukan juga mudah. Setelah memilih penerbangan, kita akan dipersilahkan memilih pembayaran. Pilihan pembayaran adalah: Melalui ATM, transfer antar bank, online banking dan kartu kredit, atau melalui convenient store seperti Indomaret dan Alfamart

Setelah transfer, tiket langsung dikirim ke  email yang kita masukkan ke data. Gampang banget. sekarang saya sedang siap-siap melakukan touring. Doakan saya ya teman-teman :D

Share:

15 comments

  1. Paling istimewa jalan2 pakai sepeda, apalagi daerah lombok. pasti seru kak

    ReplyDelete
  2. jadi mau nyepeda sampai di rinjani kak? jagooooo!

    ReplyDelete
  3. Kak, videoin ya kalau jadi tour ke Lombok.

    Wah pegipegi ini mudah ya kak digunakan. Kemarin nyoba booking tiket pesawat. Ternyata murah dan mudah. Mantul deh

    ReplyDelete
  4. Wah, boleh juga nih nyobain cari tiket pakai pegipegi.com lumayan buat pulang kampung...

    ReplyDelete
  5. Waduh keren sekali atuh, touring sepeda di Lombok tuh medannya asyik banget karena banyak jalan seperti ular melingkar, tanjakan pasti seru banget lho

    ReplyDelete
  6. Semoga kecapai kak naik sepeda... Jangan ke Lombok aja Kak, ke Papua sekalian ya...hehehe... Bangga deh dengan kak Rina yang selalu powerful untuk bersepedaan.... One day, semoga bisa sepedaan keliling Batam akunya... hihihihi

    ReplyDelete
  7. Wah keren tuh ke Lombok sepedaan, kak.
    Aku belum pernah pake pegipegi, boleh lah kapan2 dicoba. Lumayan buat ngincer tiket promonyaa..

    ReplyDelete
  8. kakak ini selalu bikin iri
    kuat banget dan selalu semangat
    semoga tercapai ya impiannya
    moga juga bisa keliling indonesia

    ReplyDelete
  9. waah nambah lagi ni racun ke lombok hihihi

    ReplyDelete
  10. Iiiih, ga kebayang kalo kak Rina bisa jadi touring ke Lombok, jauh dan pasti menguras tenaga, salut banget lah sama kak Rina. Sukses selalu kak.

    ReplyDelete
  11. Sepedaan ke Lombok itu impian banget ih. Apalagi ke wilayah Sembalun atau Senaru.

    ReplyDelete
  12. keren banget mbak, sepedaan jauh ke Lombok.

    ReplyDelete
  13. Asyik banget, kak! Aku juga kepikiran pengen touring sepedaan di Lombok, tapi takut malah makin capek dan nggak menikmati liburannya :')

    ReplyDelete
  14. Sembalun lagi longsor mbak jadi mending ditunda dulu ke lomboknya.. mungkin tahun depan saja.. sukses selalu mbak rina

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan untuk tulisan ini yaa. Terimakasih