Tuesday, November 7, 2017

Pengalaman Membayar Pajak Motor Di SAMSAT BCS Mall Batam


pajak motor BCS mall batam
Surat Bukti Pembayaran pajak yang saya bayar di BCS Mall
Tibalah saatnya jatuh tempo pajak motor saya tanggal 8 November 2017. Sebenarnya saya sudah merencanakan melakukannya di akhir minggu/weekend kemarin. Tapi karena weekend kemarin ada sesuatu yang mendadak harus dikerjakan dan ada teman meninggal (melayat dan ikut mengantar pemakaman), saya terpaksa menundanya.





SAMSAT KELILING

Saya mencari informasi soal SAMSAT Keliling, untuk mencari info apakah ada yang didekat kantor, supaya saya bisa pergi pas jam makan siang, tapi informasi yang dimuat media-media adalah jadwal Oktober, sedangkan November belum ada.

Nomor telepon yang 'KATANYA' bisa dihubungi untuk menanyakan jadwal SAMSAT keliling tidak bisa dihubungi. Standard banget mah buat badan pemerintah yang menyediakan nomor HP untuk dihubungi masyarakat, hampir selalu tidak bisa dihubungi. STANDARnya ya memang begitu (urut kepala)

Ya sudahlah saya terpaksa memilih BCS, walau agak jauh dari kantor saya yang ada di Batam Center, katanya di BCS tidak mengantri seperti di SAMSAT Batam Center.

PROSES PEMBAYARAN PAJAK

Saya tiba SAMSAT BCS sekitar jam 12.30, mengantri, tapi hanya ada 1 orang didepan saya. STNK, bukti pembayaran pajak sebelumnya & KTP lengkap dengan fotokopinya saya taruh di counter. Sesuai dengan informasi yang saya dapat secara online, buku hitam tidak diperlukan. Petugas cuma mengambil dokumen asli, fotokopi dibiarkan saja terletak disitu. Saya mengambil fotokopian tersebut dan menyimpan di tas. Lalu mengantri. Petugas meminta saya menulis informasi saya di buku daftar penyerahan dokumen, nama, nomor plat motor dll

Saya cuma menunggu 1 orang saja, kemudian giliran saya membayar. Saya membayar total Rp 195.000, harga ini naik dibanding tahun lalu yang cuma Rp170.000 atau Rp 175.000. Saya memang sudah membaca informasi soal kenaikan biaya administrasi STNK. Entah mengapa biaya admin STNK ini jadi ada, padahal, tidak ada yang berubah dengan STNK saya selain yang setiap 5 tahun. Entahlah.

Proses mengantri hingga pembayaran selesai sekitar 15 menit saja. Saya sangat senang bisa kembali kekantor dengan cepat.

Ngomong-ngomong, saya cukup heran juga counter tetap buka walau jam istirahat, saya memang tidak melihat kalau mereka tutup jam 12 hingga jam 13. Saya melihat ada petugas yang sambil makan di counter. Saya sudah mempersiapkan waktu untuk makan siang setibanya di BCS, tapi karena buka saya langsung saja mengantri. Memang menurut website Polda Kepri, jadwalnya adalah:

Senin – Jumat : 11.00 – 18.00 WIB
Sabtu dan Minggu : 13.00 – 20.00 WIB

Dengan tidak menyebutkan adanya jam istirahat di jam 12 hingga 13


Membayar Pajak Lebih Dari 1 Tahun Sekaligus?

Saya sudah memeriksa sumber-sumber berita online, tidak ada penjelasan soal ini. Kebayang enaknya kalau saya bayar pajak langsung 5 tahun. Jadi nggak usah repot-repot tiap tahun ngantri.

Saya menanyakan kepada petugas apakah saya bisa membayar sekaligus beberapa tahun. Mereka bilang tidak bisa. Mengapa kita tidak bisa membayar sekaligus? tanya saya. Karena tidak semua mampu membayar banyak. "Tapi mustinya kita punya pilihan untuk membayar 1 tahun dan beberapa tahun buat yang mampu" kata saya.

Tapi memang  tidak ada pilihan itu kata petugas. Kami akan menampung saran kata ssalah satu petugas. Terimakasih Pak. Mudah-mudahan tahun depan saya bisa bayar beberapa tahun. Bukankah itu menguntungkan juga untuk negara? Uang bisa mengendap di Bank dan negara mendapatkan bunga



2 comments:

bocahudik said...

Pajak ku belum dibayar kak. Pengen juga bayar pajak langsung sampe 5 tahun kak

Sarahjalan_ said...

mungkin instansi pemerintah perlu buka lowongan utk operator hp atau telepon ya...jadi nomor yang diberikan bisa berfungsi dengan baik... BTW.. punya warga macam kak rina ni bolehlah... nak bayar pajak langsung 5 tahun....mantap mantap..