Sunday, December 17, 2017

Jalan-jalan Yang Beda di 2018

Tak terasa tahun 2017 segera berlalu, tahun baru segera datang, ada rencana liburan kemana teman-teman? Saya akan melakukan touring sepeda sendirian. Aduh jangan kaget dong. Jalan raya kan ramai orang :D. Mengapa touring sepeda dan mengapa sendirian? Karena saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Sudah beberapa tahun terakhir saya selalu traveling keluar negeri (backpacking).
Dandanan sepeda saya saat touring

Saatnya mencoba sesuatu yang baru. Saya ingin memberikan tantangan untuk diri saya. Memang suka memberikan pengalaman baru buat diri saya. Jadilah rencana touring ini saya tetapkan. Banyak perencanaan yang saya buat, yang paling penting yaitu perlengkapan sepeda dan persiapan fisik.

Lalu mengapa sendiri? Karena tidak banyak  teman yang seberuntung saya, bisa punya liburan banyak di akhir tahun. 17 hari. Lebih dari dua minggu.

Untuk tahun 2018 saya berencana untuk liburan ke arah timur Indonesia. Tempat yang saya idamkan adalah Lombok. Saya sudah pernah sih ke Lombok, 10 tahun yang lalu. Saat itu zaman masih "gila-gilanya" naik gunung. Saya mendaki Gunung Rinjani selama 5 hari, lalu langsung ke Gili Trawangan dan menghabiskan 3 hari disana. Kemudian kembali ke Jakarta (Saat itu saya masih berdomisili di Jakarta).
Mengunjungi Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja

Berenang bersama hiu paus, Filipina

Mengunjungi salah satu kuil terindah di dunia, The White Temple, Chiang Rai, Thailand

Melompat dari ketinggian 16 meter, Filipina
Mengunjungi lebih dari 2000 candi di Bagan, Myanmar

Gunung Rinjani dan Gili Trawangan belum cukup buat saya. Mendengar betapa indahnya Lombok, betapa enaknya blusukan disana dari kampung ke kampung dan menemukan pantai pantai tersembunyi, yang bukan tempat turis. Betapa ramah orang-orangnya dan murah segala sesuatunya Dan pastinya saya ingin ke Nusa Tenggarta Timur juga. Mendengar keindahan Sumba dan melihat keindahan foto-fotonya benar-benar bikin saya ingin terbang kesana. Apalagi setelah menonton film "Marlina Si Pembunuh"

Rencananya saya kesana membawa sepeda, dan sendirian. Walau pengennya sih berdua  sekalian honeymoon, tapi apa daya yang mau diajak honeymoon belum ada haha :D



Pengen seperti ini tahun depan dengan pemandangan Gunung Rinjani didepan, dan sepeda saya disebelah tenda :">

Saya sudah mulai hunting tiket pesawat dan hotel.  Dulu kalau mau pesan beginian kita harus repot pindah-pindah menu, lompat sana lompat sini. Tapi sekarang lumayan mudah karena Traveloka sudah menyediakan pemesanan paket pesawat dan hotel dalam satu paket. Selain lebih praktis, dengan memesan paket begini, harga lebih murah dibanding dengan pesan terpisah. Jadi lebih hemat. 

Seperti dibawah ini saya mencoba memilih paket  khusus honeymoon di Lombok. Saya memilih harga maksimal Rp 5.000.000. Muncullah seperti dibawah ini

Paket 5 Jutaan, terlihat gambaran hotel, penerbangan, harga, dan seberapa banyak kita sudah menghemat


Seperti ini pilihan harga yang lebih murah

Nama Hotel, dan penerbangan lengkap dengan jamnya. Total harga dan berapa persen uang yang kita hemat. Hematnya bisa sampai 22%! Sesuatu banget.


Jika booking pesawat dan hotel terpisah, prosesnya cukup menghabiskan waktu.  Kalau sekalian gini saya nggak perlu repot-repot booking pesawat, lalu kemudian booking hotel. Lebih mudah dan saving time. Lumayan kan, selisihnya bisa buat kulineran, atau ditabung buat trip berikutnyaMisalnya dibawah ini saya pilih   paket Dan kita bisa memilih berdasarkan harga terendah, tertinggi, nilai ulasan atau popularitas. Saya memilih harga tertinggi 5.000.000, muncullah nama hotel, dan jam penerbangan pesawatnya sekaligus.  Kita bisa melihat berapa uang yang kita hemat: ada tulisan "Save 13%" & "Save 22%"

Saya akhirnya memesan salah satu paket, masih buat sendiri sih, doakan ya yang satunya nyusul di booking haha, biar jadi honeymoon nya. O ya, booking nya juga mudah banget. Tinggal klik sampai selesai, bayar pakai kartu kredit atau transfer deh. Kalau sedang merencanakan liburan, coba deh paket ini. Lebih murah dan hemat waktu


20 comments:

Dian Radiata said...

Kakak satu ini luar biasa banget! Salut! Aku belum kesampaian nih kemping di Poyotomo. Biasaa.. Masih (sok) sibuk. Btw, Lombok emang keren kak. Aku ama suami dulu hanimunnya juga ke Lombok. Sewa sepeda motor dan blusukan berdua.. Seru!

Rina said...

Dian: aduh hanimun di Lombok yaaa, jangan bikin sirik dong hahaha...thanks udah mampir disini

Vidi said...

Waahh, aku dh sering pk traveloka, tp br 'ngeh' bisa booking sekaligus paket gt..mantaapp..
Smg lancarr yaa kk touring-sepeda-sendirian-nya..! :D

Rina said...

Vidi: Iya udah bisa, aku juga baru ngeh, padahal selalu booking pake traveloka

Putri Pamelia said...

Boleh di coba nih mbk cara traveling nya. Mksi mbk info nya

Sarahjalan_ said...

Suka banget dengan keberanian kak rina mencoba sesuatu yang baru meski sendiri... ajari aku dong kak gimana punya jiwa pemberani...hahah

Yulia Marza said...

Kakak traveller ini mau ke lombok ya..saya doain deh pulangnya dah di booking jadi calon menantu.

sri murni said...

Mupeng ah pengin jalan ke luar negeri ngikuti jalannya Kak Rina sambil bawa keluarga... Nice info kak...

Desy oktafia said...

Petualang sejati.
Keren kak.
Resolusinya bikin merinding.
Menanti ceritanya kak jika resolusi ini terwujud.
Antaapp pasti.

Rina said...

Putri: Sama2 mbak

Rina said...

Sarah: aku aslinya penakut kok, tapi berusaha melawan rasa takut aja. aku nonton film horror aja nggak berani :D

Rina said...

Yulia: Haha makasih mbak doanya, amiiin :D

Rina said...

Sri Murni: hehe...kalo ama keluarga mah budgetnya beda. Apalagi kalo sama anak-anak nggak mungkin diajak ngemper2 :) sabar mbak sampe anaknya gedean

Rina said...

Desy: makasih mbak Desy. Amin :) :">

Annisa Rizki Sakih said...

met liburan panjang ya kak Rina. Ditunggu oleh-oleh ceritanya

Sujanto Tedja said...

Keren nih. Benar2 enjoy life plus sehat.

Agus Saputra Asad said...

kerennn ah kakak satu ini, wanita tangguh dan luar biasa

Lina W. Sasmita said...

Iya kamu beruntung Rin, punya libur sebanyak itu. Wuaaah aku mana bisa. cuti tahunan 12 hari aja udah kesunat terus.

Rio Bara said...

Wah, ini baru liburan asyik. Touring Sepeda euy, ditunggu ceritanya yaaa

Rina said...

Rio: sudah di posting 2 tulisan lg soal trip saya :D