Wednesday, May 11, 2016

Mengusahakan Hidup Sehat


Mendapat mendali nomor urut ke 11 untuk wanita dalam sebuah lomba lari

Zaman sekarang, saat polusi sudah sampai pada tingkat mengkhawatirkan, makanan berpengawet dimana-mana dan sulit dihindari, tekanan hidup menghantui (halaah) apa yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat? Karena saya orangnya suka makan dan sering lupa diri kalau lihat makanan, saya musti sering-sering mengingatkan diri untuk tetap menyeimbangkan 3 hal dibawah ini

1. Olah Raga

Semua orang yang kenal saya biasanya tahu kalau saya ini sport freak atau fitness freak. Saya tidak bisa lepas dari yang namanya olah raga. Bukan, saya bukan penggemar sepak bola, yang suka duduk nonton pertandingan didepan tv sambil teriak-teriak, lalu pake jersey tim kesayangan. Saya juga tidak menonton balap F1, atau moto GP atau apalah itu.

Saya pelaku olah raganya sendiri. Saya bersepeda gunung, mendaki gunung, trekking, aerobic, angkat beban, yoga, jalan kaki dan lari. Saya nggak selalu sih berolah raga, ada on off nya juga, kadang malas kadang rajin, kadang kerajinan sampe sakit karena makanan nggak seimbang dengan olah raga yang saya lakukan.

Mengapa saya selalu (berusaha) untuk olah raga? Mungkin karena badan saya yang gampang melar, makan dikit aja langsung terasa di body, ada humor dikalangan orang yang berjuang dengan berat badan "minum air putih aja gue melar" itulah kalimat yang cocok menggambarkan tentang badan saya. Jadi ya memang musti rajin-rajin, karena kalau nggak, akan langsung terasa akibatnya.

Tapi, selain efek pada bentuk tubuh, tidak olah raga juga berpengaruh pada perasaan lho. Sudah banyak studi yang menghubungkan antara olah raga dan kebahagiaan, silahkan di google yah soal info ini. Saya jadi mengerti megapa saya jadi orang selalu bahagia, e cie ciee.. hmm nggak selalu sih, tapi hampir selalu :). Kayak lagu Koes Plus, Hati senang walaupun tak punya uang ^_^

Jadi, buat yang masih suka pegel-pegel, lemes, ga ada tenaga, murung, sakit kepala dan lain-lain, coba olah raga yang teratur, banyak dari masalah-masalah itu hilang lho, nggak percaya? Coba buktikan sendiri ;)

Pakaian Olah Raga

Nah, untuk mendukung kegiatan olah raga saya ini, saya butuh pakaian yang nyaman dan menunjang gerak, mulai pakaian hingga sepatu. Untuk pakaian biasanya saya hanya memilih yang nyaman, tidak musti pakaian yang khusus untuk olah raga, sekedar kaos oblong pun saya sudah nyaman, asal nyerap keringat deh. Kadang pakaian sejenis jersey jerseyan juga akan membuat saya terlihat (semakin) lebar *tutup muka - lap air mata*

Ini dia sepatu idaman saya
Tapi kalau untuk sepatu, saya biasanya pilih yang bagus, karena kenyamanan selama olah raga sangat didukung oleh sepatu yang nyaman. Sepatu saya yang pernah saya beli di Cina dulu sudah mulai rusak karena ada bagian yang robek, membuat bantalan plastiknya menonjol dan menyakiti kaki saya. Sepatu itu sangat nyaman dipakai, tapi memang sudah waktunya diganti karena sudah hampir 3 tahun. Beberapa hari yang lalu saya memesan sepatu Adidas original dari MatahariMall.com. Warnanya bagus banget, cerah dan girly. Saya memang suka memakai warna cerah untuk olah raga, karena, saat memakai pakaian olah raga, saya masih ingin terlihat "cewek". Sepatu Adidas original jenis ini akan saya pakai untuk Aerobic, jogging dan juga trekking. Walau ini bukan sepatu trekking, tapi untuk trekking ringan dihutan (bukan di gunung), sepatu ini sangat nyaman


2. Makanan Sehat

Buah dan Sayur harus jadi makanan utama, yang lain menyusul. Kadang karena makan di warung atau rumah makan, kita cuma diberi sayur seadanya. Untuk mengatasinya, banyak makan buah atau buatlah jus buah dan sayur

3. Istirahat yang cukup

Kalau tidak bisa tidur, insomnia, resepnya ada di nomor 1, olah raga

Ketiga hal penting ini jika kita jaga, kita akan mendapatkan stamina dalam melakukan aktifitas, cukup tenaga, badan segar dan hati riang. Yuk kita usahakan hidup sehat

13 comments:

sarah eyie said...

sepatu nya bagus ya kak, warna nya cerah tapi gak norak.

Travengler ahmad said...

olahraga yang saya suka adalah lari,karna murah dan gampang.abis itu cek jumlah langkah kaki menggunakan xiaomi mi band

Rina said...

Sarah: Iya, makanya naksir, sepatuku yg kmaren (difoto lomba lari) biru tua, yg ini biru muda

Ahmad: pengen juga punya Mad, segala macam buat dukung olahraga aku mau hehe... :">

Agus Saputra Asad said...

kalo akoh sukanya trekking ajah kaka....hehe...termasuk olahraga jugalah itu ya kaka hehe...
wah itu sepatu unyu2 yah, senengnya warna orange tapi sih

Eka Handa said...

wah si kakak, setrong bangeeeet, pas lari gitu bisa dapat medali, kami ketinggalan, huhu..

Dian Radiata said...

Keren banget bisa dapet nomer urut 11 dalam lomba lari.. dapet medali lagi. Keren kak!

Ahmadi Sultan said...

Kalo diskon, dapat berapa ya sepatunya?
Boleh cicil gak ya? :)

Rina said...

Asad: trekking ringan bisa pake sepatu itu Sad, kecuali kalo udah naik gunung, butuh yang semata kaki (tinggi)

Rina said...

Eka: haha...itu kan gara yg lain pada sibuk selfie, aku lewat aja haha :">

Rina said...

Dian: lumayan mbak Dian, tapi belum dapar RP nya hihi...

Rina said...

Ahmadi: saya lihat ada pilihan cicilan sampai 12 bulan mas, silahkan di cek

kopisusu said...

Hihihihi daku tertohoklah baca inih :D

Dan harus cari motivasi yg kuat ya untuk merangsang kebutuhan olahraga, atau punya partner yg sama2 bisa saling merangsang. Merangsang untuk mulai olahraga maksudnya :D

Rina said...

Wkwkwkw...Ai, mudah-mudahan semakin terangsang untuk olah raga ya, terimakasih sudah mampir :*