Monday, May 21, 2018

Bahan Jilbab yang Cocok Digunakan Saat Musim Panas




Bahan jilbab - Saat ini banyak sekali trend baru berkerudung untuk kaum hawa. Berbagai cara digunakan untuk menciptakan inovasi yang baru. Dengan gaya berkerudung yang selalu berbeda tersebut akan membuat mereka terlihat menawan dengan kombinasi busana yang dikenakan. Tak hanya itu, mereka akan merasa lebih percaya diri saat menggunakan kerudung.

Di Indonesia, penutup kepala atau disebut dengan kerudung, namun pada tahun 1980an, kerudung lebih populer dengan sebutan jilbab. Pada masa Nabi Muhammad SAW, jilbab adalah pakaian luar yang menutupi semua anggota badan mulai dari kepala sampai kaki yang dikenakan oleh wanita dewasa.

Di beberapa negara Islam, pakaian sejenis jilbab ini memiliki istilah yang berbeda, seperti di Iran menyebutnya cadar, di India dan Palestina disebut pardeh, di Libya disebut milayat, di Irak disebut abayadi, di Turki disebut Charshaf, di beberapa negara Afrika seperti Mesir, Sudan, Yaman disebut hijab. Pergeseran makna hijab terjadi pada abad 4 H yang awalnya disebut tabir lalu berubah makna menjadi pakaian penutup aurat perempuan.

Yang menjadi generasi awal pemakai kerudung atau jilbab di Indonesia adalah Beryi Causai Syamwil. Beryi menunjukkan selendang tipis untuk menutupi sebagian rambutnya yang dikenakan perempuan Indonesia sebagai bukti dan proses menuju penggunaan jilbab. Selain itu, Beryi juga menunjukkan proses pembuatan baju bodo. Baju bodo merupakan busana baju Bugis yang awalnya hanya berupa selembar sutera halus tembus pandang yang kemudian bertambah menjadi tujuh lapis ketika Islam masuk.




Sampai saat ini penggunaan kerudung semakin berkembang dan berbagai macam bahan dan jenis kerudung bisa dipakai sesuai dengan keadaan yang ada, misalnya saja yang cocok digunakan saat panas.

Bahan jilbab yang Cocok Dikenakan Saat Musim Panas

Berikut beberapa bahan jilbab yang cocok digunakan saat musim panas.

1.   Rayon

Bahan jilbab yang pertama adalah rayon. Rayon berasal dari unsur bahan jeans non alami. Selain itu, bahan rayon memiliki kelenturan dan relatif tebal. Rayon terdiri dari berbagai jenis, namun rayon yang digunakan sebagai bahan untuk kerudung adalah rayon gerimis dan rayon super. Bahan jilbab ini nyaman dan sangat cocok dipakai saat panas karena dapat menyerap keringat dengan baik. Tekstur bahan untuk kerudung rayon mudah dikreasikan sesuai dengan gaya berkerudung yang diinginkan.

2.   TC atau Teteron-Cotton

Bahan jilbab yang selanjutnya adalah TC atau Teteron-Cotton. Bahan untuk kerudung ini merupakan bahan kaos yang terbuat dari campuran PE dan Cotton. TC mudah menyerap panas dan kesat sehingga cocok digunakan saat panas.

3.   Kaos

Bahan jilbab yang cocok digunakan saat panas yang terakhir adalah kaos dan jenis ini merupakan yang sangat diminati kaum hawa. Kaos memiliki bahan dasar katun atau serat kapas alam. Alasan jenis bahan jilbab kaos yang sering digunakan adalah karena kainnya jatuh, adem, elastis, dan nyaman saat dipakai.Bahan jilbab ini memiliki kemampuan yang bagus untuk menyerap keringat. Namun sifatnya yang elastis membuat bahan untuk kerudung ini menjadi mudah kendur. Agar bahan kaos bisa awet dan tahan lama, saat mencuci jangan dikucek terlalu kencang dan lebih baik jika tidak terlalu sering dicuci.
Teksturnya yang elastis membuat bahan kaos sangat mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan gaya berkerudung yang diinginkan. Penampilan akan lebih maksimal saat menggunakan kerudung bahan kaos.

Itulah beberapa bahan jilbab yang cocok digunakan saat panas. Semoga bermanfaat.

Foto credit Eka Handayani

6 comments:

  1. Tinggal di Indonesia emang harus pilih jilbab yg nyaman dipake karena cuacanya kadang rada panas.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pilih jilbab yang ringan dan aman di kepala. Biasanya bahan kaos sih kak.

    ReplyDelete
  3. Bahan jilbab Kaos memang adem dan nyerap keringat... Jadi cocok utk cuaca panas aplg yg byk aktivitas di luar rumah...

    ReplyDelete
  4. klu sy pilih yg simpel..bahannya jg sih diperhatikan
    sy pilih bahan yg ringan dan mudah dibentuk jd ga bikin ribet

    ReplyDelete
  5. Pas momen lebaran jilbab baruu.... untuk istri pastinya..

    ReplyDelete
  6. oh gitu ya kak. entar aku info teman temanku yang berhijab kak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan untuk tulisan ini yaa. Terimakasih