Friday, February 9, 2018

Begini Cara Minum Green Kopi yang Tepat

Foto dari www.healthline.com
Kopi merupakan salah satu minuman menjadi candu tersendiri bagi penggemarnya. Dengan minum kopi tubuh akan menjadi lebih bersemangat dan bisalebih berkonsentrasi. Banyak jenis kopi yang bisa Anda temukan, salah satunya adalah green kopiKopi hijau memiliki biji yang berwarna hijau karena dalam prosesnya tidak melalui proses roasting seperti halnya biji kopi pada umunya.

Karenanya, kopi hijau masih memiliki kandungan yang disebut dengan zat klorogenik atau CGA,  serta anti oksidan yang sangat tinggi. Kandungan yang ada di dalam kopi hijau tersebut memberikan manfaat seperti: membantu untuk menormalkan kadar gula yang ada di dalam tubuh serta membantu menjaga kesehatan kulit. Namun rasa kopi hijau memiliki tingkat kepahitan yang lebih daripada kopi biasa.

Manfaat lainnya dari kopi hijau yang harus Anda ketahui adalah:

  • Membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena asam klorogenat yang ada di dalam kopi masih banyak dan bisa diserap atau tercerna dengan baik dibandingkan dengan kopi hitam.
  • Membantu meningkatkan kinerja kognitif, fokus, ketahanan tubuh dan mood.

Sebelum Anda mulai menyeduh green kopi yang Anda beli dari toko online terpercaya atau dari toko kopi kesayangan Anda, ada beberapa aturan yang harus perhatikan terlebih dahulu.

1.Konsumsi dalam batas yang wajar. Tidak sedikit orang yang menyebutkan jika kopi hijau mampu untuk membantu menurunkan berat badan. Karena hal tersebut menyebabkan masyarakat terutama wanita meminum kopi dalam takaran yang banyak dan berharap jika berat badan bisa diturunkan lebih cepat jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Akan tetapi, hal tersebut justru akan menyebabkan masalah kesehatan misalnya menjadi susah tidur, gelisah dan cemas, nyeri perut, mual dan muntah, sakit kepala serta adanya peningkatan tekanan darah serta frekuensi jantung.

2. Mengurangi krim dan gula. Saat diseduh kopi hijau memiliki tingkat kepahitan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis kopi pada umumnya sehingga tidak sedikit orang yang akhirnya menambahkan krim atau gula dalam jumlah yang cukup banyak.


Cara tersebut justru bisa menyebabkan rasa kopi menghilang dan yang diminum sama saja dengan minuman gula yang bisa meningkatkan kadar gula yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kopi hijau dengan sedikit gula dan krim, bahkan tidak sama sekali akan membuat kandungan kopi lebih terserap dan manfaat bisa lebih diperoleh.

3. Jangan lupa untuk sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi hijau saat perut Anda sedang kosong apalagi Anda memiliki penyakit lambung seperti maag. Hal tersebut disebabkan karena beberapa alasan berikut ini:

  • Bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan Anda, misalnya membuat mules.
  • Membuat Anda menjadi mudah stress dan juga cemas.
  • Menekan produksi hormon kortisol.

Agar tidak memberikan efek yang negatif pada tubuh maka Anda harus mengkonsumsi green kopi dengan takaran yang sudah ditentukan yaitu maksimal 3 gelas per harinya.

Anda bisa menyeduh kopi hijau dengan cara menggunakan mug keramik konvensional, masukkan bubuk kopi hijau dan tutup bahan seduhan tersebut selama 2-3 menit. Hindari untuk menggunakan kopi yang terlalu banyak karena hal tersebut justru akan menyebabkan overdosis kafein. Overdosis kafein akan menyebabkan berbagai efek sampings untuk tubuh misalnya jantung berdebar-debar, tekanan darah tinggi, mengalami masalah tidur.


1 comment:

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan untuk tulisan ini yaa. Terimakasih