Thursday, July 13, 2017

Cara ke South Bus Station dari Mactan Airport, Cebu, Menggunakan Angkutan Umum

My Bus, bis umum yang bisa digunakan dari Mactan Airport menuju kota Cebu
Jika mengunjungi Cebu, saya bisa pastikan salah satu tempat yang akan anda kunjungi adalah Moalboal dan atau Oslob. Mengunjungi Moalboal untuk melihat air terjun Kawasan dan pantainya, dan Oslob untuk melihat hiu paus atau whaleshark. Jika ingin menggunakan bis/angkutan umum untuk mengunjungi kedua kota ini,  anda perlu mengetahui bagaimana caranya menuju South Bus Station. Jika menggunakan taksi, hal itu tidak butuh banyak pemikiran.
Tapi untuk kita ingin menghemat budget, pastinya ingin menggunakan angkutan umum

Caranya cukup mudah. Saat keluar dari airport, lihatlah kesebelah kiri. Anda akan melihat loket penjualan tiket bis Mybus. Jarak dari pintu keluar sekitar 50 meter. Tepat disebelahnya ada antrian taksi. Loket penjualan buka menjelang jam 7 pagi, karena jadwal bis paling pagi adalah jam 7. Jadi jika sampai di Cebu sebelum jam 7, kita harus menunggu. Belilah tiket, harganya 25 peso. Warna bis putih biru hijau. Turunlah di stasiun bis terakhir yaitu di SM City (mall).

Berenang Dengan Raksasa Whaleshark Di Oslob, Filipina

Sesampainya di SM City akan banyak calo yang datang menawarkan angkutan, taxy atau apalah. Karena wajah saya mirip orang filipina, mereka menawarkan dalam bahasa Filipina, saya tidak mengerti. Keluarlah dari area terminal, untuk mencari jeepney nomor 10-H. Jeepney ini akan membawa langsung ke Terminal bis. Sebelum naik, tanyakan dulu pada supir atau kernetnya apakah mereka menuju South Bus Station.

Lama perjalanan di MyBus dan Jeepney sekitar 1 jam (tergantung kemacetan). Cebu adalah kota yang cukup besar, dengan lalu lintas yang lumayan macet.



Loket pembelian tiket di Sim City, Cebu

Bis menuju air port Mactan, Cebu

Stasiun bis yang berada di SIM City antara hotel Bayfront dan Radisson



Suasana dalam bis

Jangan sungkan bertanya karena hampir semua  orang bisa berbahasa inggris di Filipina. Sesampainya di terminal, cari bus jurusan ke Oslob, harga tiket 177 peso yang full AC. Perjalanan ke Oslob sekitar 4 hingga 5 jam

Mendaki Osmena Peak, Puncak tertinggi Di Cebu

Jika kembali dari Oslob dan ingin mengambil bis menuju bandara kembali, ingatlah posisi terminal MyBus ini antara hotel Radisson dengan Bayfront Hotel. Posisi hotel saling berhadapan. Mencari posisi terminal tidak mudah, karena luasnya lapangan mall

Serba-Serbi Perjalanan Filipina


4 comments:

Rahayu Asda Putri said...

Dulu blm pernah kepikiran buat traveling ke filipina. Pas baca blog lk rinaa, seruuu juggaa

ahmadi sultan said...

Saya tibanya tengah malam jadi terpaksa ambil taksi. Gak terlalu mahal juga sih pake taksi kisaran 250 peso ke tengah kota.

annisakih said...

kak Rina kalau kemanapun ceritanya pasti seru, saya jadi penasaran dengan kelanjutannya

Zuhri Saragih said...

250 peso ke tengah kota?
Mas nya nginap di cebu city ya?

Kalau ke terminal bus nya sekitaran berapa mas?

Kerna 30 nopember ne mau kesana, dan sampai malam sekitaran jam 9 malam.
Tuh masih ada bus gak ya ke moalboal?